1 Nov 2012

lingkungan eksternal perusahaan


LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN

Lingkungan eksternal dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri. Kategori lingkungan Eksternal perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Lingkungan Umum
Lingkungan umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyusun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya berada di luar dan terlepas dari operasi perusahaan. Lingkungan ini hanya memiliki sedikit dampak implikasi langsung bagi pengaturan suatu organisasi. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:
a. Ekonomi
b. Sosial
c. Politik dan Hukum
d. Teknologi
e. Demografi
Dengan kata lain, Lingkungan umum adalah sekumpulan elemen-elemen dalam masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi suatu industri dan perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya perusahaan.

2.Lingkungan Industri
Lingkungan industri adalah serangkaian faktor-faktor ancaman dari pelaku bisnis baru, supplier, pembeli, produk pengganti, dan intensitas persaingan di antara para pesaing yang secara langsung mempengaruhi perusahaan dan tindakan dan tanggapan kompetitifnya. Semakin besar kapasitas perusahaan untuk mempengaruhi lingkungan industri, semakin besar kemungkinan perusahaan untuk menghasilkan laba di atas rata- rata.

Kekuatan- kekuatan yang mempengaruhi persaingan industri sebagai berikut:
a. Ancaman Masuknya Pendatang Baru
b. Tingkat Rivalitas Di Antara Para Pesaing yang ada
c. Tekanan dari Produk Pengganti
d. Kekuatan Tawar Menawar Pembeli (Substitusi)
e. Kekuatan Tawar-menawar Pemasok

 ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL
Analisis lingkungan eksternal bertujuan untuk mengetahui ancaman dan peluang. Ancaman adalah suatu kondisi dalam lingkungan umum yang dapat menghambat usaha-usaha perusahaan untuk mencapai daya saing strategis. Sedangkan peluang adalah kondisi dalam lingkungan umum yang dapat membantu perusahaan mencapai daya saing strategis. Proses yang dilakukan secara kontinyu untuk melakukan analisis lingkungan eksternal adalah dengan melakukan pemindaian (scanning), pengawasan (monitoring), peramalan (forecasting), dan penilaian (assessing).

CONTOH TERKAIT LINGKUNGAN EKSTERNAL
HRD Memberi Dampak Positif Bagi Lingkungan Eksternal

Selama ini HR diharapkan memberi dampak positif bagi perusahaan tempatnya bekerja tetapi lebih dari itu apakah yang dapat dilakukan seorang HR supaya perusahaan tempatnya bekerja itu memberi dampak positif bagi  lingkungan eksternal.
Sebuah perusahaan diharapkan memberi kontribusi kepada karyawan dan lingkungan sekitarnya, misalnya saja pada saat hari raya keagamaam dapat dibuatkan program kegiatan sosial ke panti asuhan, bantuan kepada pembangunan sekolah atau pembangunan fasilitas umum atau pengobatan gratis bagi masyarakat miskin. Mewujudkan kepedulian sosial perusahaan dalam pembangunan masyarakat sekitar. Sebagai contoh sebuah pabrik dari sebuah perusahaan swasta ketika musim kemarau panjang berlangsung dan masyarakat sekitar pabrik telah kekurangan air bersih maka HRD dengan programnya memberikan bantuan pembuatan sumur bersih bagi masyarakat sekitar. Karena hal ini terjalin hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat sekitar.
            Seorang HR diharapkan bukan hanya menjembatani pihak perusahaan dan karyawan tetapi menjembatani antara perusahaan dan lingkungan sekitar. Sehingga tercipta keserasian antara perusahaan dan lingkungan sekitar. HR diharapkan dapat menjadi "public figure" citra yang positif dari sebuah perusahaan. HR memiliki tugas melindungi perusahaan dari segala macam isu yang negatif dilingkungan eksternal. Sehingga tercipta kenyamanan bekerja antara pihak perusahaan dan lingkungan sekitar.

Kadang banyak isu negatif yang beredar diluar perusahaan hal tersebut terjadi karena lingkungan sekitar tidak mengenal perusahaan yang berada dilingkungannya. Karena itu dengan program HR yang ada yang berguna bagi masyarakat sekitar dapat "mematikan" isu yang beredar.

Sumber :
http://management.co.id/journal/index/category/human_resources/686/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar